Italia Tuntaskan Dendam Empat Tahun Silam

ItaliaItalia sukses menuntuskan dendam mereka atas Spanyol di laga babak 16 besar tadi malam. Stade de France menjadi saksi permainan cantik Italia eranya Antonio Conte, yang tak hanya mengandalkan Cattenacio. Di tangan Conte, Italia dipoles menjadi tim yang jago bertahan dan juga menyerang. Spanyol pun sudah merasakannya tadi malam. Sang jawara bertahan digebuk Italia dengan skor 2-0. Hasil tersebut sudah cukup mengantarkan Italia melaju ke babak perempat final, yang sudah dinanti tim unggulan lainnya, Jerman.

Italia yang diprediksikan akan bermain bertahan, justru tampil menekan sejak menit-menit awal. Sejumlah peluang berhasil membuat suporter Spanyol menjerit penuh kecemasan. Namun beruntung gawang Spanyol yang dikawal oleh David de Gea masih aman. Dua pemain sayap Italia, Eder dan Emanuele Giaccherini patut diberikan dua jempol lantaran permainan impresif mereka yang membuat Italia begitu bringas. Di ujung tokbak ada Pelle yang mampu membuat Ramos dkk kerepotan. Usaha Italia pun berbuah hasil manis pada menit 33. Berawal dari tendangan bebas Eder, De Gea gagal mengantisipasi bola dengan baik, bola muntahan disambar oleh Giaccherini sebelum akhirnya dengan mudah diteruskan oleh Giorgio Chiellini. 1-0 untuk keunggulan Italia.

Tertinggal 1-0, membuat Spanyol meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun usaha David Silva dan Iniesta masih belum berbuah hasil. Laga babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0.

Di babak kedua Spanyol mengambil inisiatif menyerang. Hanya saja Italia justru lebih banyak menghasilkan peluang berbahaya. Eder nyaris menggandakan keunggulan Italia, jika saja sontekannya tak ditepis oleh De Gea. Iniesta dan Gerard Pique mencoba memberikan ancaman kepada lini bertahan Italia, beruntung kematangan Buffon mampi membuat gawang Italia tetap aman. Keasikan menyerang Spanyol justru lengah dimenit-menit akhir. Kerja sama Darmian dan Pelle sukses mengantarkan Italia menutup laga dengan skor 2-0.

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): De Gea; Juanfran, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Fabregas, Busquets, Iniesta; David Silva, Morata (Lucas Vazquez 70′), Nolito (Aduritz 46’/ Pedro 81′).

Italia (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Florenzi (Darmian 85′), Parolo, De Rossi (Motta 54′), Giaccherini, De Sciglio; Pelle, Eder (Insigne 81′).