Sanksi FIFA Dicabut, PSSI Segera Bentuk Timnas

PSSIAngin segar menghampiri persepakbolaan tanah air. Setelah sebelumnya Menpora mencabut surat pembekuan PSSI, kini giliran FIFA mencabut sanksi timnas Indonesia. Dengan kata lain timnas Indonesia akan bisa berlaga lagi di turnamen Internasional.

Dan tak mau menunggu lama-lama, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) langsung berbenah. Federasi tertinggi sepakbola di tanah air itu bakal membentuk tim nasional Indonesia (lagi).

Rencananya pada Kongres Tahunan di Balikpapan pada 1 Juni nanti, PSSI akan membahas pembetukan tim nasional Indonesia. Harapannya adalah timnas bisa secepatnya dibentuk dan bisa ambil bagian di turnamen International terdekat.

Di tahun 2016 ini, Indonesia hanya menyisakan satu ajang yakni Piala AFF yang akan berlangsung di Myanmar dan Filipina, pada 19 November-17 Desember mendatang.

Direktur Legal PSSI, Aristo Pangaribuan mengatakan bahwa AFF nanti tentu akan menjadi momentum yang baik untuk menjadi bukti konkret bahwa sepakbola Indonesia bangkit lagi.

Namun ada kemungkinan pada ajang AFF nanti Indonesia harus mengikuti babak kualifikasi terlebih dulu. Hal ini dikarenakan Indonesia selalu kandas di babak penyisihan grup pada dua edisi AFF terakhir. Namun peluang Indonesia untuk lolos ke babak utama amat terbuka lebar, mengingat tim-tim yang akan main di babak kualifkasi levelnya masih jauh dari Indonesia (mengaku pada rangking FIFA). Adapun negara yang harus ikut kualifikasi adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

PSSI pun cukup percaya diri dan menargetkan untuk juara di AFF nanti. Wow luar biasa. Semoga Indonesia bisa berpartisipasi di AFF dan menggondol piala.